hantaran lamaran sederhana

Bagi kamu yang saat ini sedang merencanakan menikah dalam waktu dekat, pastinya sudah melakukan berbagai persiapan. Memang, menjelang hari pernikahan, ada banyak hal yang perlu dilakukan, mulai dari menentukan tanggal, acara hantaran lamaran¸ mengurus berkas nikah di KUA, persiapan tempat, jamuan, dekorasi, make up, undangan dan lainnya. Tidak jarang, semua itu menguras tenaga dan pikiran, oleh karenanya sebagian orang ada yang memilih untuk menggunakan jasa wedding organizer untuk memudahkan segala urusan pernikahan hingga resepsi acara perkawinan. Namun, jika kamu memilih untuk menyiapkannya sendiri bersama keluarga dan pasangan, tentu tidak masalah. Khusus untuk kamu yang kini sedang bingung dalam menyiapkan acara hantaran lamaran atau sedang bingung kira-kira barang apa saja yang bagus dan perlu dipersiapkan sebagai barang hantaran, berikut diantaranya.

1. Pakaian Perempuan

Dalam memilih barang yang akan digunakan untuk hantaran lamaran, hendaknya bermanfaat bagi calon istri. Salah satu yang pastinya akan sangat berguna adalah pakaian. Ada beragam jenis pakaian wanita yang bisa dipilih, mulai dari gaun, pakaian casual untuk sehari-hari, daster, kebaya, pakaian muslimah dan lainnya. Jika pihak laki-laki bingung ingin memberikan jenis pakaian apa yang tepat, ada baiknya untuk membicarakan hal ini kepada calon istri, selain itu tanyakan mengenai ukuran pakaian yang biasa dipakai, warna favorit serta jenis pakaian apa yang disukai atau ingin diberikan saat lamaran nanti. Hal ini sangat penting dipastikan terlebih dahulu sebelum acara hantaran lamaran diselenggarakan, tentunya agar tidak salah dalam memilih dan benar-ebnar berkesan bagi calon istri.

2. Perlengkapan Ibadah

Bagi pasangan muslim, memberikan beberapa perlengkapan ibadah sebagai bagian dari barang hantaran lamaran adalah hal yang perlu, bahkan jika tidak ada rasanya kurang afdol. Beberapa barang atau perlengkapan ibadah yang biasanya diberikan untuk acara hantaran adalah mukena, al quran, sajadah dan tasbih. Perlengkapan ibadah ini tidak hanya sekedar pemberian dari pihak mempelai pria kepada calon istri, tetapi juga dapat dikatakan sebagai simbol harapan agar nantinya keluarga yang dibina bisa jadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

3. Alat Make Up Atau Kosmetik

Sebagai seorang perempuan, sudah sewajarnya jika melakukan perawatan diri, terlebih jika hendak menikah. Biasanya, mempelai wanita akan lebih rajin melakukan berbagai perawatan diri agar nantinya ketika sudah menikah, suami menjadi senang melihat sang istri tampil cantik, wangi dan terawat. Untuk itu pula, perlengkapan seperti alat kosmetik atau make up menjadi barang penting lainnya yang harus ada saat hantaran lamaran. Ada banyak jenis dan merk kosmetik yang beredar di pasaran, agar tidak salah pilih, sebaiknya komunikasikan kepada calon istri mengenai jenis dan merk kosmetik apa saja yang biasa ia pakai. Jika ia terbiasa memakai dari 1 jenis merk, maka akan semakin mudah pula dalam menyiapkan barang hantaran. 1 paket barang hantaran berupa alat kosmetik dari brand tertentu akan menarik saat dikemas untuk acara seserahan atau hantaran.

4. Makanan

Tidak hanya dari jenis barang saja, saat acara hantaran lamaran juga sangat perlu memasukkan beberapa jenis makanan sebagai bagian dari barang hantaran. Jenis makanan yang cocok untuk acara seserahan adalah kue basah, buah-buahan, roti, permen atau lainnya. Biasanya, kue-kue yang dibawa untuk hantaran adalah jenis kue seperti jajanan pasar atau kue khas daerah setempat, selain itu buah-buahan yang dibawa juga bisa berupa aneka buah yang dikemas satu paket dalam kemasan yang indah atau bisa juga dalam bentuk rujak. Tidak ada aturan khusus dalam menentukan jenis makanan apa yang harus dibawa saat hantaran lamaran, namun ada baiknya mengikuti kebiasaan masyarakat atau adat setempat.

5. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi adalah jenis barang hantaran lamaran lainnya yang juga penting dan bisa dimasukkan dalam list barang hantaran yang wajib disediakan. Tidak harus semua perlengkapan mandi, cukup yang sering digunakan saja seperti misalnya sabun mandi, shampoo, pelembab rambut, lulur, handuk, sisir, pasta dan sikat gigi. Jika memungkinkan, bisa memilih produk perlengkapan mandi dari satu merk yang sering dipakai calon istri atau yang disukainya.

Baca juga  : 10 Ide Desain Uang Mahar Ini Akan Membuat Momen Pernikahan Kamu Jadi Lebih Indah & Berkesan!

6. Perhiasan

Apabila budget untuk barang hantaran lamaran memungkinkan untuk membeli perhiasan, tidak ada salahnya memasukkan perhiasan sebagai salah satu barang hantaran lainnya. Tentunya, perhiasan disini bukanlah cincin kawin. Perhiasan yang biasanya digunakan untuk hantaran adalah perhiasan yang terdiri dalam 1 set seperti kalung, anting dan gelang. Untuk jenis bahan perhiasan yang ingin dipilih, pastinya dapat disesuaikan dengan selera dan budget. Pastikan pula memilih model perhiasan yang sesuai dengan selera calon istri karena ialah yang kelak akan memakainya.

7. Isi Kamar

Untuk perlengkapan isi kamar yang ingin digunakan sebagai hantaran lamaran, bisa memilih sesuai kebutuhan dan nilai manfaat dari barang tersebut. Ada banyak perlengkapan kamar yang bisa dipilih seperti sprei, bed cover, selimut, hingga 1 set tempat tidur lengkap dengan lemari dan meja rias. Namun, yang paling umum dan sering dipakai sebagai barang hantaran adalah satu set sprei lengkap dengan bed cover. Pemilihan motif dan warna juga perlu diperhatikan saat memilih sprei, ada baiknya memilih motif yang cantik seperti motif bunga agar terlihat romantis.

8. Sepatu / Sendal

Jika calon istri adalah seorang wanita pekerja, misalnya pekerja kantoran, guru, dokter atau lainnya yang mana mengharuskan ia sering menggunakan sepatu, maka memasukkan barang seperti sepatu dan sendal sebagai barang hantaran lamaran tentunya sangat menarik dan yang pasti akan sangat berguna bagi calon istri nantinya. Ketahui berapa ukuran nomor sepatu yang biasanya ia pakai, warna serta model sepatu seperti apa yang disukai agar sepatu yang diberikan saat hantaran lamaran bisa benar-benar terpakai.

9. Pakaian Dalam

Tidak ada yang salah dengan pemberian pakaian dalam wanita sebagai bagian dari barang hantaran lamaran karena nyatanya, menggunakan pakaian dalam tidak hanya bermanfaat bagi calon istri tetapi juga mampu membuat sang suami merasa senang. Menggunakan pakaian dalam yang disukai oleh pasangan, mampu membangkitkan gairah dan juga menjaga keharmonisan rumah tangga. Beberapa jenis pakaian dalam yang bisa dijadikan untuk barang hantaran adalan celana dalam, bra, singlet dan juga lingerie.

10. Barang-Barang Yang Harus Di Bawa Sesuai Adat / Tradisi Daerah

Pada setiap daerah, terdapat kebiasaan atau adat tertentu yang diterapkan pada saat acara hantaran lamaran, seperti misalnya di daerah Kalimantan Selatan, yang mana ada beberapa jenis barang unik yang juga disertakan saat acara seserahan. Barang-barang tersebut diantaranya adalah anak pohon pisang, buah kelapa bertunas, perlengkapan dapur, sembako, bumbu masak, beras kuning dan daun pandan yang diiris kecil kemudian dicampur dengan sedikit minyak wangi serta jenis bunga lain seperti mawar. Tentunya, di daerah lain memiliki kebiasaan atau adat yang berbeda. Untuk itu, perlu kiranya memperhatikan daerah asal calon istri, terlebih jika pasangan berasal dari daerah yang berbeda.