Ayat tentang Pernikahan dalam Islam

Agama Islam merupakan agama fitrah yang suci. Ada lebih dari 5 ayat tentang pernikahan hal yang tersirat di dalam Alqur’an, baik itu ayat – ayat pendek ataupun ayat panjang. Termasuk soal pernikahan beda agama juga ada di jelaskan dengan detail. Di dalam Alqur’an, Anda bisa menemukan banyak ayat tentang pernikahan. Selain di dalam Alqur’an, Anda juga bisa menemukan banyak hadist yang juga meriwayatkan tentang pernikahan.

Seperti yang Anda ketahui, pernikahan adalah sunnah yang dianjurkan dan juga menjadi sarana yang agung untuk memenuhi kebutuhan dan mempererat hubungan silahturahmi antar manusia. Untuk lebih jelasnya mengenai ayat dan hadist yang menerangkan soal pernikahan ini, Anda bisa cek di bawah ini!

  1. Surah An-Nisa Ayat 1

Di Surah An-Nisa ayat 1 merupakan ayat tentang pernikahan yang menjelaskan bahwa pernikahan itu adalah tempat atau jalan untuk melahirkan keturunan yang banyak. Keturunan itu diharapkan menjadi keturunan yang berkualitas dan tidak membuat keberatan orang tua dalam memberikan kebutuhan hidupnya.

Dalil tersebut memiliki arti “Hal sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan namaNya kamu saling meminta satu sama lain. Dan peliharalah hubungan silahturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

  1. Surah Ar-Rum Ayat 21

Bila Anda sedang mencari ayat tentang pernikahan Islam untuk undangan, ada banyak surah yang sebenarnya bisa diletakkan di dalamnya. Namun, paling umum digunakan adalah Surah Ar-Rum ayat 21. Surah ini biasanya dicetak di bagian belakang undangan sebagai kata-kata mutiara Islam yang baik.

Arti dari Surah Ar-Rum ayat 21 adalah Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, seupaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadaNya. Dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

  1. Surah An-Nahl Ayat 72

Selain itu, Anda juga bisa menemukan ayat tentang pernikahan pada Surah An-Nahl ayat 21. Ayat ini menyebutkan bahwa pernikahan adalah berguna untuk melahirkan keturunan dan membuka jalan rizki orang yang melakukannya. Maksudnya adalah untuk melakukan regenerasi dan tidak terputus dalam tali sejarah keturunan dari orang tersebut.

Surah An-Nahl ayat 21 itu sendiri memiliki arti sebagai berikut “Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami dan istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?”

  1. Surah Ar-Rum Ayat 12

Selain surah Ar-Rum ayat 21 yang merupakan ayat tentang pernikahan yang biasa diletakkan di undangan pernikahan, dalam surah yang sama Anda juga bisa menemukan ayat lain yang menjelaskan tentang pernikahan. Ia adalah ayat 12. Ayat tersebut menjelaskan tentang pernikahan yang bisa jadi jalan munculnya ketentraman dan kasih sayang sempurna.

Arti dari Surah Ar-Rum ayat 21 itu sendiri adalah “Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya, ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu cenderung merasa tenteram dan kepadaNya, dan Dia menjadikan di antaramu kasih dan sayang. Sunggu, pada demikian itu benar-benar tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.”

 

Baja juga : 7 Doa Pernikahan untuk Pengantin

  1. Surah Adz Dzariyat Ayat 49

Masih tentang ayat tentang hikmah pernikahan, Anda juga bisa mendapati ayat yang menjelaskan pernikahan dalam Alqur’an dari Surah Adz Dzariyat tepatnya pada ayat ke 49. Ayat ini menjelaskan bahwa pernikahan itu adalah sebuah konsekuensi Allah dari menciptakan manusia secara berpasang-pasangan.

Untuk arti dari ayat tentang pernikahan Surah Adz Dzariyat ayat 49 yang menjelaskan tentang pernikahan ini adalah “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu ingat Kebesaran Allah.”

  1. Surah An-Nisa Ayat 3

Selain ayat 1, di Surah An-Nisa juga ada ayat tentang pernikahan sakinah lain yang bisa Anda temukan. Berbeda dengan ayat 1 yang mengatakan bahwa menikah itu memiliki tujuan untuk melahirkan keturunan yang banyak, pada ayat ketiga ini adalah ayat yang menjelaskan tentang pernikahan lebih dari satu kali alias poligami.

Surah An-Nisa ayat 3 itu memiliki arti “Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isterimu, walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung kepada yang kamu cintai sehingga kamu membiarkan yang lain terkatung-katung.

Dan jika kamu mengadakan kebaikan dan memelihara diri dari kecurangan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Kalau dilihat, ayat tentang pernikahan ini menjelaskan bahwa pernikahan poligami itu tidak boleh dilakukan kalau si suami tidak bisa berlaku adil karena syarat adil itu adalah mutlak.

  1. HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud

Selain aya yang ada di dalam Alqur’an, Anda juga bisa menemukan banyak hadist yang juga menjelaskan tentang pernikahan. Salah satunya dalah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud. Hadis tersebut mengungkapkan bahwa menikah bisa menyelamatkan seseorang dari pandangan matanya.

Arti dari hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud tersebut adalah “Wahai, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga, hendaknya ia kawin karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barang siapa yang belum mampu hendaknya berpuasa sebab ia dapat mengendalikanmu.”.

  1. Hadist dari Jabir bin Abdillah

Hadist kali ini menjelaskan tentang pernikahan seorang wanita muslim dengan pria non muslim. Inti dari hadist ini sebenarnya adalah mengharamkan hal tersebut terjadi karena dikhawatirkan wanita tersebut tidak bisa menahan godaan yang ada sehingga ditolak oleh syariat Islam.

Untuk arti dari hadist yang menerangkan tentang pernikahan antara wanita muslim dengan pria non muslim dan diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah ini adalah “Kami (kaum muslim) menikahi wanita ahli kitab. Tetapi mereka (pria ahli kitab) tidak boleh menikahi wanita kami.

  1. Hadist Riwayat Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Sahabat Thalhah, Hudzaifah, Salman dan Beberapa Lainnya

Hadis yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan pernikahan beda agama. Bedanya, yang dibahas pada hadist ini adalah pernikahan antara pria muslim dengan wanita non muslim. Inti dari hadist ini adalah pernikahan yang terjadi di antara pria muslim dan wanita non muslim diperbolehkan.

Arti dari hadist yang diriwayatkan oleh banyak orang ini adalah “Pria muslim diperbolehkan menikah dengan wanita ahli kitab dan tidak diperbolehkan pria ahli kitab menikah dengan wanita muslimah.”

Nah, ternyata ada banyak sekali ayat tentang pernikahan yang ada di Alquran maupun yang tertera dalam hadist, kan? Ayat-ayat dan hadist tersebut bisa jadi pegangan untuk Anda bila akan melangsungkan pernikahan. Pernikahan itu ada banyak manfaatnya, namun agar mendapat berkah dan karunia dari Allah SWT, baiknya menuruti syariat dan aturan yang ada.