Pernikahan adalah sebuah momen dimana bersatunya dua orang yang sudah Tuhan takdirkan untuk bersama, jauh sebelum manusia lahir ke dunia. Sebagian besar orang, pasti menganggap bahwa momen pernikahan adalah saat yang berharga, itulah mengapa setiap tanggal pernikahan tiba, pasangan suami istri kerap merayakannya, salah satunya dalam bentuk pemberian kado dan kartu ucapan pernikahan. Bingkisan kado yang dilengkapi dengan kartu ucapan, mampu memberikan kesan lebih spesial.

Ada beragam jenis kartu ucapan pernikahan yang bisa diberikan kepada pasangan, teman atau kerabat yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan, diantaranya seperti berikut ini:

1. Kartu Ucapan Pernikahan Bentuk Kaligrafi Yang Islami

Untuk pasangan pengantin yang mengusung konsep pernikahan islami, memberikan kartu ucapan pernikahan dengan model huruf mirip kaligrafi atau berupa tulisan bahasa arab kaligrafi, bisa jadi sangat pas. Pada kartu ucapan, bisa melampirkan ucapan atau doa untuk kedua mempelai dengan menggunakan model huruf yang indah agar kesannya lebih menarik.

2. Background Siluet Yang Simple Tapi Unik

Jika ingin memberikan kartu ucapan pernikahan, baik kepada pasangan sebagai perayaan hari jadi pernikahan atau untuk teman yang akan menikah, bisa memilih untuk menggunakan kartu ucapan dengan desain background berupa siluet wajah dari kedua mempelai. Desain seperti ini masih sangat jarang digunakan dan yang pasti terlihat sangat keren dan eksklusif.

3. Kartu Ucapan Pernikahan Bernuansa Watercolour

Jika pasangan anda atau orang yang ingin anda beri kartu ucapan adalah tipe orang yang lembut dan penyuka warna-warna kalem, bisa mencoba ide desain kartu ucapan pernikahan dengan konsep warna watercolour. Kartu ucapan seperti ini cocok diberikan pada pasangan yang menyukai hal-hal berbau romantis. Gunakan warna-warna seperti biru, pink, hijau dan ungu dengan nuansa yang soft.

Kartu Ucapan Pernikahan Terbaik

4. Tema Floral Untuk Pasangan Penyuka Bunga

Ide lainnya yang tidak kalah menarik dan bisa dicoba adalah tema floral atau bunga. Tema ini bisa dipakai untuk kartu ucapan yang akan diberikan kepada pasangan wanita, terlebih jika ia memang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan bunga. Beberapa jenis bunga yang layak diterapkan pada ide desain kartu ucapan pernikahan adalah bunga mawar, tulip, sakura dan bunga matahari.

5. Kartu Ucapan Pernikahan Dalam Botol

Model kartu ucapan satu ini mungkin terkesan unik dan berbeda dari biasanya, namun bukan berarti tidak patut dicoba. Ya, Kartu ucapan pernikahan yang dimasukkan ke dalam botol terlihat sangat klasik. Untuk yang suka dengan tema pantai, bisa melengkapi botol yang digunakan sebagai tempat memasukkan kartu ucapan dengan pernak-pernik bernuansa laut, misalnya kerang yang digantungkan bersama pita pada bagian leher botol. So classic and cute kan?

6. Say It With Flower

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Katakanlah dengan bunga!”, mungkin kalimat ini bisa jadi ide lainnya untuk kartu ucapan pernikahan. Membuat kartu ucapan dengan bentuk bunga kertas, bisa jadi kejutan menarik dan tidak terlupakan bagi si penerima kartu. Sematkan kalimat romantis berupa ucapan, harapan atau doa khusus untuk merayakan momen bahagia bersama orang terkasih.

7. Kartu Ucapan Pernikahan Warna Pastel

Warna-warna pastel masih banyak digemari, terutama dikalangan anak muda. Jika ingin memberikan kartu ucapan pernikahan untuk sahabat, keluarga atau teman, yang mana mempelai pengantin masih dalam usia cukup muda, bisa memilih ide desain yang simple dengan dominan warna pastel. Selain simple, juga dapat dipadukan dengan berbagai jenis kado.

8. Kartu Ucapan Berbentuk Gulungan Tema Klasik

Pernahkan memperhatikan pada jaman dulu, surat dibuat dalam bentuk gulungan yang kemudian dibuka menggunakan kedua tangan dari atas ke bawah. Membuat kartu ucapan seperti ini rasanya cukup menarik. Jika anda suka dengan tema klasik, jadul namun tetap ingin berkesan, bisa memilih untuk menerapkan ide desain kartu ucapan bertemakan gulungan klasik.

Dari 8 ide desain yang sudah diberikan tadi, mungkin salah satunya menarik minat anda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jika hasilnya bagus, anda bisa menjadikannya peluang bisnis yaitu dengan menerima jasa pembuatan kartu ucapan. Sebagai penunjang usaha, pasarkan dengan beberapa teknik berikut ini agar usaha pembuatan kartu ucapan anda bisa dikenal banyak orang dan laris manis.

Baca juga : 10 Ide Desain Uang Mahar Ini Akan Membuat Momen Pernikahan Kamu Jadi Lebih Indah & Berkesan!

1. Ketahui Model Kartu Ucapan Yang Laris Di Pasaran

Perkembangan trend model kartu ucapan pasti mengalami perubahan setiap waktunya. Agar bisa menjual kartu ucapan yang banyak dan diminati, ketahui terlebih dahulu model kartu ucapan seperti apa yang kini sedang trend atau banyak dicari oleh orang. Lakukan riset pasar atau survey kecil-kecilan untuk mengetahuinya.

2.       Buat Merk

Jika usaha yang dijalankan memang serius ditekuni, ada baiknya untuk membuat merk arau brand agar produk kartu ucapan yang dihasilkan terkesan menarik dan memiliki target pasar yang jelas. Perlu diketahui, jika usaha seperti ini memiliki kompetitor yang tidak sedikit sehingga diperlukan berbagai strategi untuk bisa bertahan ditengah persaingan pasar.

3. Promosi Lewat Media Sosial

Media promosi online saat ini lebih banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau bisnisnya. Anda juga tentu bisa menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk kartu ucapan pernikahan yang anda buat. Manfaatkan media sosial seperti instagram, website, facebook dan lainnya untuk memaksimalkan promosi serta menjangkau target pasar yang lebih luas. Semakin banyak orang yang mengetahui, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan atau pesanan yang banyak juga semakin terbuka.

4. Berikan Diskon Khusus

Sebagai bentuk layanan atau service kepada konsumen yang memesan atau membeli dalam jumlah banyak, berikan potongan harga atau diskon khusus. Cara ini juga bisa menjadi daya tarik lainnya untuk membuat orang lain berminat memesan kartu ucapan di tempat anda.

5. Pasang Harga Bersaing

Ketahui berapa harga pasaran produk kartu ucapan pernikahan yang berlaku dipasaran agar anda tidak salah dalam menentukan harga. Jika harga yang ditawarkan terlalu mahal atau diatas rata-rata harga pasaran, dikhawatirkan akan sepi pembeli. Tidak masalah jika awal membuka usaha, anda memasang harga yang murah meski keuntungannya sedikit, anggap saja ini sabagai salah satu strategi memperkenalkan dan menarik orang untuk membeli. Jika sudah banyak orang yang mengetahui usaha anda, kemudian lama-kelamaan ramai pembeli, anda bisa mulai menaikkan harga secara perlahan untuk tetap bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Pastikan untuk menjaga kualitas produk, membuat desain menarik dan unik serta usahakan selalu membuat kartu ucapan pernikahan atau lainnya dengan model yang up to date.

Semoga saja informasi mengenai ide desain kartu ucapan pernikahan serta bagaimana memasarkannya yang sudah saya berikan tadi, cukup bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga akhir.