doa untuk pengantin barakallahu lakuma

Pernikahan adalah penyatuan dua jiwa yang berbeda dalam satu ikatan yang suci. Oleh sebab itu, baiknya ketika melangsungkan pernikahan, ada doa pernikahan Islam yang harus dibaca untuk memberikan berkah kepada si kedua pengantin. Ada banyak doa pernikahan yang bisa dibaca ketika menghadiri resepsi pernikahan.

Bila Anda bingung doa mana yang akan dibacakan dan baik untuk si pengantin dan keluarganya, Anda bisa cek kumpulan doa pernikahan Islam yang ada di bawah ini. Dengam begitu, semoga kehadiran Anda dalam pesta pernikahan tersebut bisa menghadirkan berkah tersendiri untuk pengantin. Apa saja doanya?

  1. Doa Keberkahan

Salah satu doa pernikahan Islamyang bisa Anda panjatkan untuk pasangan pengantin yang Anda hadiri pernikahannya adalah doa memohon  keberkahan. Bunyi doa yang bisa Anda baca ketika menghadiri acara pernikahan adalah “Baarakallaahu laka, wa baaraka ‘alaika, wa jama’a baynakumaa fii khair.”

Doa ini adalah doa yang selalu dibaca Rasulluah SAW ketika menghadiri orang yang melangsungkan pernikahan. Doa tersebut juga diriwayatkan oleh Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membaca doa ini ketika Anda menghadiri acara yang sama.

Untuk arti dari doa yang dianjurkan adalah  “Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah mencurahkan keberkahan kepadamu. Dan semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.”

  1. Doa agar Diberikan Kebaikan

Dari hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, mengatakan bahwasanya Rasullulah SAW bila datang ke suatu pernikahan atau mendengar ada orang yang melangsungkan pernikahan juga akan membacakan doa untuk memohon kebaikan pada si pengantin.

Doa yang dibacakan Rasullullah tersebut diriwayatkan oleh Abu Dawud dan memiliki arti “Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.” Anda juga bisa membaca doa pernikahan Islam itu ketika datang pernikahan seseorang dan memohon kebaikan atasnya.

  1. Doa Setelah Selesai Makan di Acara Pernikahan

Contoh doa pernikahan dalam Islam lain yang bisa Anda baca ketika menghadiri acara pernikahan adalah doa setelah selesai makan di acara pernikahan. Meski tak wajib, sebenarnya doa ini sangat disarankan untuk dibaca sebagai bentuk terima kasih karena telah memberikan makanan dan juga memohon berkah untuk tuan rumah.

Untuk doa pernikahan Islam yang dibaca ketika setelah selesai makan, ada dua versi yang bisa Anda bacakan. Versi pertama adalah doa yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya adalah “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.”

Sedangkan untuk doa pernikahan yang dibaca setelah selesai makan versi kedua adalah doa yang diriwayatkan oleh Ahmad yang memiliki arti “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” Namun, sebenarnya baik versi satu atau dua maksud dan tujuannya adalah sama.

  1. Doa Setelah Akad Nikah

Berbeda dengan beberapa doa lainnya yang disarankan dibaca oleh tamu undangan, doa yang satu ini disunnahkan dibaca oleh si pengantin. Lebih tepatnya adalah pengantin pria. Ketika membaca doa pernikahan Islam ini, disarankan pengantin pria memegang kepala si penganyin wanitanya.

Hal ini sesuai sabda Rasullullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari berbunyi “Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta doakanlah dengan doa berkah seraya mengucapkan: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa.

Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa“. Sedangkan lafadz dari doa yang perlu dibaca si pengantin pria ketika meletakkan tangan di atas kepala pengantin wanita adalah “Allahumma inni as’aluka min khairiha wa khairi ma jabaltaha ‘alaihi. wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi.”

Doa tersebut harus dibaca pengantin pria sambil memegang kepala pengantinnya setelah akad nikah. Untuk arti dari doa yang dibaca tersebut adalah “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

  1. Doa Setelah Membaca Doa Akad Nikah

Setelah pengantin pria membaca doa yang ada di atas, maka selanjutnya sangat disarankan untuk pengantin pria membaca lanjutan doanya sembari menengadahkan tangan atau tangannya tidak lagi berada di atas kepala pengantinnya.

Bukan hanya pengantin pria, namun pengantin wanita juga disunnahkan membaca doa resepsi pernikahan secara Islam yang satu ini. Lafadz dari doa itu cukup singkat, hanya “Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya” saja. Namun, artinya sangat bagus untuk keberkahan rumah tangga si pengantin.

Bagi yang belum tahu arti dari doa tersebut, artinya adalah “Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku.”Ini adalah doa memohon keberkahan yang sangat dianjurkan oleh Rasulluah SAW.

  1. Doa agar Rumah Tangga Harmonis

Kembali lagi ke doa pernikahan Islam yang bisa dibacakan tamu, kali ini ada doa agar rumah tangga si pengantin bisa berjalan harmonis sampai akhir. Bunyi dari doa itu adalah “Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurra’atyunin waj’alna lil muttaqiina imama.”  Dengan doa tersebut, Anda mengharapkan rumah tangga si pengantin berjalan baik.

Bagi yang tak tahu arti dari doa untuk pasangan pengantin yang dibacakan tamu tersebut, sebenarnya artinya adalah“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

  1. Doa agar Rumah Tangga Pengantin Bisa Sakinah Mawaddah Wa Rahmah

Selain doa di atas, pengantin juga bisa membacakan doa agar keluarga yang akan dibinanya menjadi keluarga yang sakinah, mawaddh dan warahmah pada hari pernikahan tersebut.Doa agar rumah tangga baik ini memiliki arti “Ya Allah, rekatkanlah kami, perbaikilah hubungan kami, tunjukkanlah kepada kami jalan-jalan keselamatan.

Selamatkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya.Jauhkanlah kami dari segala kemungkaran yang nampak ataupun yang tersembunyi. Berkahilah dengan pendengaran, penglihatan, hati, pasangan hidup dan ketuurnan yang baik. Terimalah taubat kami karena sesungguhnya Engkau adalah yang maha penyayang dan maha penerima taubat.

Jadikanlah kami orang-orang yang bersyukur dan menerima nikmatMU, maka sempurnakanlah nikmatMu atas kami. Semoga keselamatan tercurahkan kepada nabi kami, Muhammad SAW dan atas keluarganya serta para sahabatnya pula. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Itulah contoh dari doa pernikahan Islam yang bisa dibaca baik oleh tamu maupun oleh pengantin yang melangsungkan pernikahan pada hari itu. Semoga, dengan doa-doa yang terus menerus dipanjatkan, pernikahan yang dilaksanakan bisa menjadi pernikahan yang baik dan diberkahi dan Anda termasuk dalam orang yang mendoakan kebaikan atas orang tersebut.